Application Letter


A. Pengertian Job Application Letter

Job application letter berarti surat lamaran kerjayang dikirim pelamar kerja kepada perusahaan/tempat kerja yang membutuhkan lowongan tersebut. Tujuan menulis job application letter adalah untuk mendapatkan kesempatan interview. Maka dari itu, untuk mendapatkan panggilan interview, perhatikan hal-hal yang diperlukan dalam menulis surat lamaran kerja.

ICara menulis surat lamaran kerja yakni: Harus ditulis dengan baik untuk menarik perhatian dan minat HRD atau orang yang berwenang agar merekomendasikan kamu. Jelaskan kenapa kamu memenuhi syarat dari posisi tersebut dan berhak dipilih untuk mengikuti wawancara. Sorot keahlian, pengalaman, serta kemampuan sesuai kriteria yang dibutuhkan. Gunakan font formal seperti Times New Rowman, Arial, atau Calibri dengan ukuran 12 poin. Perlu diingat, surat lamaran kerja tidak boleh lebih dari 1 halaman.

B. Struktur Job Application Letter

Berikut sruktur pembuatan surat lamaran kerja (job application letter):

Your Name, E-Mail, and Address

  1. Date
  2. The Hiring Manager
    (Nama perusahaan yang dilamar, alamat, dan e-mail).
  3. Salutation
  4. Opening Paragraph
    (Paragraf pembuka yang menyebutkan posisi apa dan dimana kamu mendapat informasi pekerjaan tersebut).
  5. Body Paragraph
    (Isi paragraf yang menjelaskan bagaimana kamu dapat mengisi posisi yang dibutuhkan. Dalam body paragraph, seorang pelamar kerja dapat menuliskan hal-hal secara detail, namun tetap relevan dengan pengalaman dan pencapaianmu).
  6. Closing Paragraph
    (Paragraf penutup yang berisi ucapan terima kasih, penawaran, serta ajakan agar pihak yang berwenang dapat memberi informasi lebih lanjut).
  7. Complimentary Close
  8. Signature

C. Contoh Job Application Letter

Berikut adalah contoh surat lamaran kerja (job application letter):

Contoh 1

Elizabeth Johnson
12 Jones Street
Portland, Maine 04101
555-555-5555
elizabethjohnson@emailaddress.com

August 11, 2020

Mark Smith
Human Resources Manager
Veggies to Go
238 Main Street
Portland, Maine 04101

Dear Mr. Smith,

I was so excited when my former coworker, Jay Lopez, told me about your opening for an administrative assistant in your Portland offices. A long-time Veggies to Go customer and an experienced admin, I would love to help the company achieve its mission of making healthy produce as available as takeout.

I’ve worked for small companies for my entire career, and I relish the opportunity to wear many hats and work with the team to succeed. In my latest role as an administrative assistant at Beauty Corp, I saved my employer thousands of dollars in temp workers by implementing a self-scheduling system for the customer service reps that cut down on canceled shifts. I also learned web design, time sheet coding, and perfected my Excel skills.

I’ve attached my resume for your consideration and hope to speak with you soon about your needs for the role.

Best Regards,

Elizabeth Johnson



Komentar

Postingan populer dari blog ini

CERITA RAKYAT KEONG EMAS

LAGENDA BATU MENANGIS

PENGERTIAN MEMORY